Rabu, 20 Mei 2015

Pencemaran

  •        Pengertian Pencemaran

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

  • Macam-Macam Pencemaran

1. Pencemaran udara
Jika uadara mengandung unsur-unsur yang mengotori udara maka udara tersebut dapat dikatakan sudah tercemar. Pencemaran udara daisebabkan oleh asap buangan, misalkan gas CO2 hasil pembakaran, SO, SO2, CFC, CO, dan asap rokok. Setiap bahan buangan penyebab pencemaran udara tersebut memiliki dampak sendiri- sendiri bagi manusia.

Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara :
- Terjadinya gangguan kesehatan, seperti batuk dan penyakit pernafasan
- Rusaknya bangunan karena pelapukan, korosi atau terjadinya besi berkarat, dan memudarnya cat
- Terganggunya pertumbuhan tanaman, seperti menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat SO2 ynag tinggi atau gas yang bersifat asam (efek hujan asam)
- Efek dari rumah kaca, yaitu dapat menaikkan suhu udara secara global serta dapatmengubah pola iklim bumi dan mencairkan es kutub.

2. Pencemaran air
Pencemaran air yaitu masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya ke dalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang terganggu ditandai dengnan perubahan suhu, bau, dan rasa. Pencemaran air dapat dibedakan menjadi :

- Limbah pertanian
            Limbah pertanian dapat mengandung polutan insektisida atau pupuk organik. Insektisida dapat mematikan biota yang ada di sungai.

- Limbah rumah tangga
            Limbah rumah tangga berupa berbagai bahan organik (misal sisa sayur, ikan, nasi, minyak, lemak, air bungan manusia), atau bahan anorganik misalikan plastik, alumunium, dan botol yang hanyut terbawa arus air. Sampah yang tertimbun menyumbat saluran air dan mengakibatkan banjir.

- Limbah industri
            Limbah industri berupa minyak dapat mengancam iakn, terumbu karang, burung laut karena menggenangnya minyak di lautan sampai jarak ratusan kilometer.

            Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air :
Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen.
Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air yang dapat berakibat kurang oksigen di perairan yang dapat membunuh biota perairan.
Terjadinya wabah penyakit karena air yang kotor menjadi sumber penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar