Rabu, 20 Mei 2015

Pola Interaksi



  • Pola-Pola Interaksi

a. Netralisme.
Netralisme merupakan hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme-organisme itu hidup dalam habitat yang sama. Contoh hubungan netralisme adalah kambing dan kodok di suatu habitat sawah. Kambing memakan rumput di siang hari dan kodok makan serangga pada malam hari.

b. Kompetisi.
Kompetisi merupakan bentuk interaksi antar individu sejenis atau antarpopulasi dimana individu atau populasi tersebut bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang. Kompetisi terjadi bila kedua individu mempunyai kebutuhan yang sama, sedangkan lingkungan tidak menyediakan kebutuhan tersebut dalam jumlah yang cukup. Persaingan dapat terjadi antara sesama jenis atau intraspesific spesies atau antar jenis yang berbeda (interpesifis spesies). Sarana pertumbuhan yang sering menjadi pembatas dan menyebabkan persaingan adalah air, nutrisi, cahaya, dan ruang. Contoh persaingan antara belalang dengan ulat, kambing dengan kelinci, lebah lokal dengan lebah Afrika, dan ikan mujair dengan ikan lele dumbo.

c. Predasi.
Predasi merupakan interaksi antara pemangsa dengan mangsa. Pemangsa atau predator adalah hewan yang memangsa atau memakan.  Mangsa atau prey adalah hewan yang dimangsa atau dimakan. Di alam ini, redasi dapat menjaga keseimbangan alam karena dapat menekan populasi organisme tertentu, misalnya antara tikus dengan ular, kijang dengan harimau, dan zebra dengan singa.

d. Parasitisme.
Parasitisme merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis, dimana satu pihak mendapat keuntungan, sedangkan pihak lain mendapat kerugian. Pihak yang diuntungkan disebut parasit, seangkan pihak yang dirugikan disebut inang. Contoh interaksi dengan pola parasitisme contohnya adalah antara benalu dan tali puteri yang hidup sebagai parasit pada ranting pohon, berbagai jenis cacing dan bakteri yang hidup sebagai parasit pada tubuh hewan dan manusia.

e. Mutualisme.
Mutualisme merupakan suatu simbiosis dimana pada interaksi ini terjadi saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Pasangan organisme ini disebut dengan inang dan simbion. Misalnya: Tanaman bunga dengan hewan penyerbuk, burung jalak dengan kerbau, dan manusia dengan bakteri usus.

f. Komensalisme.
Interaksi ini hanya menguntungkan satu pihak saja, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Misalnya saja pasa ikan remora dengan ikan hiu, ikan putzerlip dengan hewan karang, dan tumbuhan epifit.

g. Amensalisme.
Amensalisme atau disebut juga antibiosis adalah interaksi antar organisme dimana salah satu antarorganisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Misalnya saja terjadi pada beberapa jenis fungi yang mengasilkan anti biotik yang dapat menghambat dan membunuh mikroorganisme lainnya. 

h. Rantai makanan merupakan proses perpindahan energi melalui proses makan dan dimakan yang membentuk rangkaian tertentu. Proses rantai makanan dapat terlihat sebagai berikut:
Produsen - Konsumen I - Konsuen II - Konsumen III -/ Konsumen Puncak. Contoh:

Tumbuhan dimakan kelinci, kelinci dimakan ular, ular dimakan elang
atau
(tumbuhan-kelinci-ular-elang).

i. Jaring-jaring makanan adalah  sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk semacam jaring. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar